Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 01 Desember 2011

Jenis dan Karakter Pickup Bass

Ada berbagai macam pickup (PU) yang digunakan pada alat musik bass. Menurut sepengetahuanku ada pickup jenis Jazz, Precision, Humbucker, Soap Bar, dan WillPower. Banyak orang yang salah beli bass karena mungkin belum tau bagaimana karakter dari masing-masing PU. Nah biar nggak salah beli, ayo kita cari tau sekarang juga.

Karakter pickup Jazz (biasanya disebut J-pickups)


Jazz Pickups
Ciri fisik Pickup jenis jazz berbentuk kotak memanjang dan terdapat 2 magnet yang saling berdekatan. Sesuai namanya, pickup jenis ini biasanya dipakai oleh pemain beraliran jazz. Karakter suaranya cenderung lembut dan lebih "bulat". Rata-rata bass yang diproduksi oleh Fender, menggunakan pickup jenis ini.

Karakter Pickup Precision (biasanya disebut P-Pickups)


Pickup Precision

Ciri fisik pickup jenis precesion berbentuk kotak kecil berjumlah 2 buah dan posisi pemasangannya berbentuk seperti huruf "Z". Pickup jenis ini biasanya dipakai oleh musisi beraliran rock. Merk bass yang bisa dibilang paling terkenal yang memakai pickup jenis ini adalah Fender Precision Bass.

Karakter Pickup humbucker


Pickup Humbucker2

Bentuk fisik dari pickup jenis ini lebih besar daripada pickup jazz dan sekilas terlihat seperti pickup jazz yang digabung menjadi satu, namun perbedaannya terletak pada magnetnya. Jika magnet yang terdapat pada J-Pickup ada yang berdekatan, pada pickup humbucker magnetnya tidak saling berdekatan dan juga posisinya sejajar dengan senar, Karakter suara yang dihasilkan oleh pickup jenis humbucker lebih berat dan lebih "warm", cocok untuk pemain bass beraliran Rock. Merk yang terkenal menggunakan pickup jenis ini adalah Music Man Sterling.

Karakter Pickup Soap Bar


Pickup Soapbar

Disebut soap bar karena memang bentuknya yang seperti sabun mandi.. hahaha ... Mungkin pemakai pickup jenis soap bari tidak sebanyak pemakai pickup jazz, precision dan humbucker. Pickup jenis soap bar banyak digunakan oleh para pemain musik keras seperti musik metal. Pickup jenis ini ada terdapat pada bass merk ESP.

Karakter Pickup Will Power


Pickup Willpower

Ciri fisik pickup jenis will Power ini cenderung lebih lebar daripada pickup yang lainnya. Sama seperti pickup jenis soap bar, pickup will Power juga masih belum banyak yang memakainya. Karakter suara yang dihasilkan pickup jenis will Power ini nge-low namun suasana midle yang keluar lebih dominan. contoh Bass yang terpasang pickup will Power adalah Yamaha BB714BS Billy Sheehan Signature.

3 komentar:

Irfan M.P mengatakan...

makasih infonya bro :D lagi cari info pickup buat custom ni hehe

ZIKHRIUS JALIUS mengatakan...

Tq infonya... pu bgaiman yg seauai untuk slap?

Unknown mengatakan...

J-pickup, bro

Posting Komentar